Kisah Sukses Airul Founder Mastah SEO

Saya terjun ke dunia IM itu tahun 2011, dulu belum serame ini. Makanya susah banget nyari guru.

Kisah Sukses Airul Founder Mastah SEO

Saya masih inget banget, dulu pernah ngegembel di Jakarta, nyari2 rumahnya Om Rakean buat berguru. BTW, udah lama saya gak kontak beliau, semoga dalam keadaan sehat.

Saya pernah jg hijrah ke Jogja, buat berguru sama Mastah Fiverr kala itu. Namanya Edy Setiawan. 3 bulan saya ngekos bareng dia di Jogja.

Kalau mastah yg satu ini, saya masih beberapa kali komunikasi. Sekarang fokus di jualan di market lokal.

Hampir 10 tahun berlalu, saya masih rutin ke beberapa kota buat dateng ke event. Misal Bandung Digital Meetup atau EG Solo buat nyari insight.

Kenapa sih saya cerita ini?

Well, aslinya saya agak heran aja sama pemain2 baru, terutama nih generasi milenial.

Saya sering banget dapet pertanyaan semacam ini.

"Mas kapan nih mau ke kota X, saya pingin belajar langsung nih?"

Saya jarang banget bales, karena kalau saya bales, akan sangat gak enak balesannya.

"Woy! Yang butuh siape? Kenapa jadi gue yang musti keluar tenaga sama duit buat ketemuan", kurang lebih seperti itu. Tapi rasa-rasanya kok kurang santun kalau langsung saya ucapin direct.

Saya bisa mewajari sih kalau yg tanya seperti itu ibu-ibu, dedek2 gemesh, atau yg di bawah 17 tahun. Karena ya wajar aja mereka butuh surat izin kalau musti kemana2.

***

"Al-Ilmu yu'taa wa laa ya'tii"

"Ilmu itu didatangi, bukan ilmu yang mendatangi".

***

Sekarang tuh apa2 gampang, googling jg nemu.

Di sosial media, juga tinggal add aja. Pantau timeline-nya. Simple.

Masih kurang jelas, guru internet marketing banyak, bahkan "sekolah" juga banyak. Saya ambil contoh misalnya Sintesa.

Atau model2 basecamp yang nampung orang2 yg pingin belajar jg banyak, buanyak banget malahan. Yang nawarin makan dan tidur gratis juga seabreg.

Kok ya masih ada "nasib newbie gak ada yg mau ngajarin".

Pertanyaannya sekarang, mau sampai kapan berharap ada malaikat yang baik hati dan nawarin "sini gue ajarin"?

By Mastah Airul

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Airul Founder Mastah SEO "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel