Q&A Youtube Adsense - Kemal Wicaksono

Bismillahirrahmanirrahim..

Sampai saat Q&A ini dibuat, sudah ada sekitar seribu pesan yang masuk ke pesan facebook saya yang menanyakan seputar dunia adsense dan youtube adsense, dan setelah saya baca ternyata pertanyaannya hampir-hampir sama dan berulang itu-itu saja. Awalnya saya balas satu persatu, tapi ternyata capek juga ya. hehe, Setelah saya jawab pasti keluar pertanyaan lain yang akhirnya gak akan habis-habis. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat Q&A Youtube Adsense ini. Bukan karena saya gak mau membalas pesan teman-teman ya. Tapi karena saat ini pun saya sedang sibuk dengan kegiatan saya di kantor, kampus, maupun organisasi saya. Jadi mohon pengertiannya ya teman-teman. Untuk pertanyaan-pertanyaan selanjutnya teman-teman bisa tanyakan di kolom komentar dibawah ini, insya Allah Q&A ini akan terus saya update.
Biar gak banyak basa-basi, langsung saya jawab satu persatu ya pertanyaannya. Tapi karena ada ratusan pertanyaan yang masuk, akan saya jawab dan update secara bertahap ya.
1. Konten yang simple tapi menarik.. apa ya? Saya disini main video slideshow, gambar bergerak yang diiringi dengan narasi berita. 2. Berapa lama membuat 1 chanel sampai menhasilkan? Dan berapa pendapatan 1 chanel pertama? Saya biasanya pasang target di bulan ke 4-5 channel yang saya buat sudah bisa dimonetize. Jika lebih cepat dari itu alhamdulillah, tapi jika lebih dari 4-5 bulan belum tembus 10k viewers berarti kualitas video dan seo youtubenya harus ada evaluasi. 4-5 bulan itu konsisten upload 6 video perhari ya, tanpa lubang. Alhamdulillah pendapatan channel utama saya sudah rutin diatas 100 juta perbulan. 3. Untuk teknik duplikasi, 1 video bisa buat berapa channel mas? 1 video hanya untuk 1 channel ya, jangan malas buat video. 4. Durasi konten minimal atau efektifnya? Video saya rata-rata cuma 2- 4 menit saja. Saya gak mau buang-buang waktu hanya untuk rendering berjam-jam untuk menghasilkan 1 video saja. Karena faktanya video slideshow rata-rata hanya ditonton 1,5 menit saja, selebihnya tidak akan ditonton. Jadi utuk apa bikin video slideshow panjang-panjang? 5. Niche yg cocok buat di bikin video slideshow? Pada dasarnya semua niche bisa dibuat video slideshow, tapi mungkin sulit dalam pembuatan videonya. Kalau mau yang mudah, ambil saja niche yang sudah umum dibuat slideshow, seperti review otomotif (mobil atau motor), review teknologi (HP, laptop, gaming, mesin). kesehatan (tips, cara mengobati, cara mencegah, manfaat suatu produk), travelling (tempat wisata, berita), Tutorial (Cara membuat, cara memasak), dll. 6. Dalam 1 perangkat komputer bisa buat beberapa channel dengan catatan beda email? Dalam 1 perangkat komputer atau laptop tidak ada batasan berapa channel, dengan syarat dipisahkan dengan profile chrome. 1 profile chrome untuk 1 channel. Kalau belum tau cara bikin profile chrome silahkan googling ya, sudah banyak kok tutorialnya. Saat ini saja sudah ada sekitar 30 channel yang ada di laptop saya. 7. Efektifnya 1 channel 1 kategori apa campuran? 1 channel wajib untuk 1 niche atau 1 kategori. 8. Tools atau software untuk buat videonya apa? Sebenernya gak ada keharusan untuk menggunakan software apa dalam pembuatan video slideshow, semua software pembuat video yang menyediakan fitur motion bisa digunakan. Kalau saya biasa menggunakan Wondershare Filmora atau Windows Movie Maker. 9. 1 video di duplikasi untuk 5 negara dan bahasa berbeda, dengan beda channel dan email tp menggunakan 1 adsense gitu apakah aman? Dengan syarat narasi sudah berbeda bahasa saya rasa aman-aman saja. Tapi saya sendiri sampai saat ini hanya membuat video bahasa inggris dengan tujuan negara US. 10. Bagaimana cara membuat narasi untuk video, apakah kita ngerekam sendiri? Saya biasa menggunakan fromtexttospeech.com atau aplikasi balabolka. Tinggal kita masukkan artikelnya, akan langsung dikonversi menjadi audio atau suara. 11. Untuk teks narasi apakah di spin dulu sbelum di ubah menjadi audio? Ada beberapa website yang tidak suka jika artikelnya diambil, tapi sebagian besar website tidak sadar jika artikelnya sudah kita ambil dan sudah kita jadikan video. Sampai saat ini saya gak pernah spin artikel, saya langsung copas saja untuk langsung dijadikan audio. 12. Tips supaya menimalisir banned gimana, saya awal buat lancar jaya, udah mau sebulan tiba2 kena banned, padahal udah nampak earningnya? Kadang ada faktor X yang sama-sama tidak kita tahu penyebabnya. Kita hanya bisa meminimalisir terjadinya banned dengan tidak melanggar aturan yang sudah dibuat oleh youtube. 13. Bisa tidak video yg di chanel dibanned diupload ulang ke channel baru lagi mas? Kalau saya lebih baik buat lagi dari awal, evaluasi dari kesalahan sebelumnya. 14. Tips mengelola banyak channel biar aman? Gunakan profile chrome untuk masing-masing channel. Tapi saya sarankan diawal untuk bangun saja 1 atau 2 channel dulu sampai bener-bener gajian. Setelah itu bisa diduplikasi oleh karyawan. 15. Teknik lolos copyright untuk lagu gimana? Saya gak main reupload video, jadi tanyakan kepada para mastah reupload saja ya.
16. Darimana sumber backsound yang aman dari copyrigth? Youtube sudah menyediakan ribuan backsound yang free, silahkan ambil disini :


Backsound atau Lagu Bebas Copyrigth

17. Apa cukup set and forget video2 yg dibuat, atau dipromote ke facebook atau instagram dan Dibuatkan blog sendiri dll? Semua channel dan video saya mengandalkan seo saja, tanpa adanya share ke sosial media. Cara ini lebih nyaman untuk mendapatkan earning yang meningkat setiap bulan. Semakin banyak video yang kita upload dan terindex akan semakin banyak earning yang kita dapatkan. 18. Step by step dari mulai buat akun hingga bisa mulai/siap dimonetize? Belajar sendiri di google atau youtube ya, banyak banget kok tutorialnya. Kalau males belajar gak usah main youtube adsense. 19. Lebih baik mana mas, pakai reupload atau bikin slideshow manual? Sebenernya semua hanya pilihan. Kalau saya lebih memilih capek diawal tapi gajian ratusan juta perbulan untuk kedepannya. Channel aman, hidup tenang. 20. Kalau pakai karyawan untuk upload tiap hari 6 video itu apakah aman? Aman banget kok, semua channel saya semua sudah dikerjakan oleh karyawan saya. 21. Cara malas optimasi video biar viewer bejibun om? Ambil judul dan tags video yang viral, kita jadikan slideshow. 22. Cara spam youtube gimana? Coba saja dulu konsisten upload 6 video perhari ke youtube tanpa lubang selama 5 bulan, kalau 5 bulan itu bisa berhasil tanpa lubang baru boleh deh sok-sok mau nyepam. Tinggal buat 100 channel, 1 channel bikin 6 video. Buat deh 600 video perhari.
23. Laptop lancar render harga 2-3 jutaan? Laptop corei3 dengan ram 2 GB insya allah sudah kuat untuk rendering video slideshow. 24. Cara mengatasi dolar kuning? Ubah thumbnail dan judul pada video, lalu ajukan banding untuk review manual. Tapi karena jumlah video saya udah ratusan, saya lebih memilih didiamkan saja, biasanya nanti berubah lagi menjadi dollar hijau setelah tembus 1k view. 25. Pakai VPN, RDP, VPS, atau cloud? Semuanya saya kerjakan di laptop dan jaringan internet di rumah saya. Tanpa pakai VPN, VPS, RDP, Cloud atau VM. 26. Naikin viewsnya gimana, kalo ente bilang upload terus video buktinya sudah ada 500an video yg diupload dan rata2 views mentok 100 biji dan kadang nggak ada sama sekali? (reupload) Tanyakan pada mastah reupload ya. Bukan ranah saya. 27. Satu akun adsense berapa akun youtube? Sebenernya 1 adsense bisa untuk ratusan channel. Karena yang biasanya terjadi kepada channel slideshow adalah banned channel, bukan banned adsense. Kecuali main reupload biasanya yang banned langsung channel dan adsensenya. Tapi untuk lebih amannya saya pakai 1 adsense untuk 3-5 channel saja. 28. Kalau buat akun adsense sebanyak mungkin bagaimana kita menulis alamatnya apakah ngasal atau di samakan semua untuk ngirim kode ke alamat kita? Pakai spin nama dan alamat ya. Contoh : Kemal Wicaksono, Kemal Wicaksono, ST, Ir. Kemal Wicaksono, Bpk. Kemal Wicaksono, Sdr. Kemal Wicaksono, Kemal Wicaksono, Spd, dll. Jalan, jln, jl., jl, RT 01 rw 13, RT 1 RW 13, RT/RW 01/13, Desa, Ds, Kecamatan, Kec, dll.| Atau bisa pinjam nama dan alamat keluarga atau tetangga. 29. Kalau main youtube luar dan adsense luar apakah alamat kita harus luar juga, kalau seandainya iya bagaimana cara kode bisa sampe ke kita sedangkan kita di indonesia? Saya main channel luar tapi adsense yang saya dapat tetap adsense Indonesia. Emang begitu pada umumnya. Saat verifikasi alamat ya sama seperti biasanya, pin sampai ke rumah dengan selamat. 30. 1 video brapa iklan untuk dapat cpc besar? Saat main youtube saya sama sekali gak pernah memperhatikan cpc, karena hampir semua niche video slideshow adalah niche dengan cpc yang besar. Tugas saya saya upload video rutin, hanya itu saja. 31. Solusi buat texttospeech yang bagus itu apa? Kendalanya fromtextospeech.com yg sering error jadi terkendala saat buat video. Pakai balabolka, di google gratis.| 32. Kalau mau buat video dengan berita update tanpa harus buat video yang sudah popular itu bisa juga mas? Tapi tagnya ambil dari video yang ada di halaman paling atas yutube atau ambil yg paling banyak views nya? Bisa banget, asal tags tersebut relevan dengan video berita update yang akan kita posting. 33. Cara optimasi seo video youtube yang bagus seperti apa ya? 1. Judul : Buat judul yang menarik 2. Tags : Copy-paste tags dari video populer yang relevan dengan video kita 3. Deskripsi : Judul video Deksripsi video Link channel Link rekomendasi 3 video lain Keyword/tags Judul video 34. Jumlah maximal upload video 1 hari berapa? Untuk rutin setiap hari, jumlah yang masih aman dan sudah saya uji coba adalah 6 video perhari. Sesekali upload 10 video dalam sehari masih aman, namun jika rutin 10 video perhari masih rawan dianggap spam. 2 channel saya banned karena upload 10 video perhari rutin setiap hari. Saya sarankan konsisten 6 video perhari sudah cukup. 35. Apa benar sekarang video slide show udah ga bisa di youtube? Masih sangat bisa, yang kemarin dihapuskan oleh youtube adalah fitur pembuat video slide show yang langsung dibuat dan diedit dari creator video youtube. Jika dibuat dari aplikasi lain seperti wondershare filmora, WMM, atau lainnya masih sangat-sangat bisa. 36. Kalo bayar karyawan bisa aja video nya di upload ke channel youtubenya dia duluan, gimana? Mental dan ilmu manajemennya yang harus dibenerin dulu nih. Kalau masih mikir kaya gini terus ya selamanya bakal jadi babu di rumahnya sendiri dan sampai mati gak akan punya karyawan. Toh karyawan juga gak akan paham tentang youtube adsense kalau kita cuma ngajarin dia bikin dan upload video saja. Pilih karyawan cewek, biasanya cewek jarang yang kepo dan suka ngulik masalah kaya ginian. 37. Sudah $30 dollar saldonya kok gak ada tombol Submit Pin? Tunggu sampai earning tersebut masuk balance, baru saat itu pin akan dikirim ke alamat kita. 38. Konten video punya mas ori atau remix? Semuanya original, jangan tanggung-tanggung bro. Kalau mau ori ya fokus ori, kalau mau reupload ya sekalian semuanya reupload. 39. Cara reupload video biar gak kena copyrigth? Tanyakan pada mastah reupload ya. Bukan ranah saya. 40. Teknik riset keyword untuk youtube bagaimana? Saya gak pernah yang namanya riset keyword, semuanya full menggunakan cara yang saya jelaskan di dalam ebook saya ‘100+ Juta Perbulan dari Youtube’. 41. Kalau banyak channel, perlu banyak gmail dan verifikasi nomor telpon donk? Kalau gak mau modal gak usah sok-sokan mau bangun banyak channel. Pegang 1-2 channel aja udah capek. Bangun aja dulu 1-2 channel sampe gajian, nanti gaji pertamanya dipake untuk beli nomer sama bayar karyawan untuk bangun banyak channel. 42. Tips upload aman multi chanel multi akun GA juga dalam 1 pc dan 1 IP adress? Cukup pakai profiile chrome, 30 lebih channel saya semuanya masih aman. 43. Bagaimana biar video cepet banyak yang nonton? Optimasi di judul, tags dan thumbnailnya. Upload saja 6 video perhari, pasti suatu saat akan ada video yang naik meskipun nanti dibulan kedua, ketiga, keempat ataupun kelima. 44. 2 Gmail, untuk 20 Chanel, 1 ip amankah? 1 Gmail = 1 channel 45. List larangan yang udah pernah dilakuin dan akibatnya. Serta cara mengatasinya? Reupload. Banned. Berhenti reupload. 46. Optimasi video, setelah upload adakah tools, web atau backlink yg efektif buat di indo? Kalau saya males kaya yang gitu-gituan, saya lebih fokus bikin video aja. Optimasi di SEO udah sangat-sangat cukup. 47. Apakah tujuan upload video kita target bule dengan berbahasa inggris akan tetapi country pada akun adsense kita indo apa tidak akan masalah ? Dan apakah boleh dalam 1 channel itunada 2 bahasa title indo dan bule? Target bule tujuannya adalah cpc besar, main indo dibayar murah. Kecuali bikin video atau reupload video indonesia dengan durasi diatas 1 jam. Akun adsense saya indo, dan alhamdulillah gak pernah ada masalah dan gaji selalu cair. Saya main hanya bahasa inggris target. Main 2 bahasa takut berpengaruh ke CPC. 48. Apakah kalau main bule harus menggunakan VPS? Pengaruhkan kepada viewer? Karena setahu saya kalau main blog banyak yang menyarankan pakai VPS bule. Tidak perlu VPS. 49. Target (lokal) misal, terus cari vidio trend apakah itu di download terus pengeditan atau di tonton terus rekam? Langkah pengeditan untuk pengeditan vidio (reupload) seperti apa? Contohnya: selain edit suara, effect, itu apa saja agar terhindar dari pelanggaran hak cipta. Tanyakan pada mastah reupload ya. Bukan ranah saya. 50. Apakah channel yang pernah kesuspend karena kesalahan google dan sudah kembali lagi (terecovery) sulit mendapatkan view? Tidak berpengaruh, teruskan saja rutin upload video. 51. Apakah channel berumur 1 bulan boleh spam upload video? Daripada spam tapi banned, saya lebih baik rutin upload 6 video perhari. Lumayan 4 bulan udah dapat 720 video. 52. Maximal upload video 1 hari berapa? Saya sesekali upload 10 video dalam sehari masih aman, tapi saya bagi jadi 2 waktu upload. Pagi 5 video, sore 5 video, dischedule jarak 1 jam pervideo. 53. Cara cepat cari traffic om? Gak ada cara cepat yang saya pakai, saya baru bisa gajian di bulan ke 3-5. 54. Cara cari sumber buat dibikin video nya gimana? Cari artikel di google ada milyaran artikel. 55. Kalau video kita di iklankan via fbads apakah efektif? Saya belum pernah coba fb ads to youtube. Di youtube saya lebih memilih main SEO. Fb ads lebih baik saya pakai untuk blog. 56. Cara bikin judul yang bikin penasaran gimana? Tambahkan saja kata-kata menarik di awal judul seperti Wow, Amazing, dll 57. Apa aja yg diedit kalau video reupload? Tanyakan pada mastah reupload ya. Bukan ranah saya. 58. Kemarin2 sempat coba upload slide-slide buku dan movies, tapi langsung kena copy right, bagaimana solusinya biar aman mas, makasih. Coba niche lain, mungkin ada pihak dari buku dan movies tersebut yang nge-flag. 59. Tips banding biar peluang diterimanya besar? My YouTube channel (sebutkan nama channel YouTube kamu) Has recently been suspend " due to multiple or severe violations of youtube's policy against Spam, gaming, misleading content, or other of service violations" I believe i have bot violated these policies. i've never used spamor tgas in my descriptions, irrelevant tags or titles. or any other methods in attempt to cheat the system, mislead or offend my viewers. I believe the flagging of my videos was not legatimate, it was most likely meant to cause problems for me and my channel. i work hard to produce content daily and love what i do, just as i care about my audience. I'd like to ask you to review again my videos once more and resistate my channel if the flags against theme appear to be galse. Please give me a second chance AnD I promise yout that you will not get any tiny problem or spam with my channel. Thanks And I will wait for Your Reply Email with a happy news. Best Regards, (Nama Channel Kamu) 60. Apakah kalau ingin punya adsense harus punya akun youtub dulu saya masih bingung? Belajar dulu dasar-dasar ilmu adsense dan youtube adsense ya. 61. Untuk bisa menjalankan bisnis ini kira kira modal dan tools apa saja yang diperlukan?Maklum saya benar benar pemula. Modal laptop, internet dan konsisten. 62. Sumber gambar untuk pembuatan videoslide dari mana om? Dari google, cari gambar tanpa watermark. 63. Lebih baik banyak chanel beda2 akun ato banyak chanel satu akun? 1 gmail = 1 channel, 1 adsense = 3-5 channel. 64. Kalau udah bikin video, upload, terus udah banyak yang nonton, saya bingungnya habis itu diapain biar dapet doku banyak ya? gmn cara biar bisa daftar adsense? Cari di google atau youtube ya, cara mendaftarkan channel ke google adsense. 65. Berapa akun adsense dan channel yt yang aman dalam 1 jaringan? Tanpa batasan, unlimited. 66. Gimana cara buat orang mau jadi subscriber mas? video luar? Matikan jumlah subscribers di channel youtube kita. Beri endscreen dan cards yang menyarankan orang untuk subscribe channel kita. 67. Apakah bisa kalau hanya menggunakan hp saja? Kalau iya, apa saja aplikasinya? Saya tidak tahu. Saya lebih nyaman kerja di depan laptop. 68. Channel yg gak diverif apa bisa di monetasi? dan amankah nanti kesononya, video nya ori maen slideshow. Modal 3-5 ribu untuk beli kartu perdana apa susahnya? 69. Kalau channel adsense kita ke banned, bikin akun GA harus alamatnya beda? Sebaiknya alamat dispin. Contoh ada dipertanyaan atas. 70. Cara agar nama channel kita berada di paling atas pencarian gimana? Pada tags channel sertakan nama channel kita, pada setiap video sertakan tags nama channel kita, lalu buat banyak playlist yang judulnya diakhiri nama channel kita. 71. Saya membuat satu slideshow aja butuh waktu yang cukup lama, bagaimana cara mengindustrikannya (produksi masal) karyawan mas? Praktek 1-2 bulan pasti akan terbiasa dan menemukan polanya. 72. Untuk adsense youtube bagusnya digabung sama blog? Atau dipisah aja? Adsense youtube hampir 100% diterima ketika mendaftar menggunakan channel 10k views dengan isi video slideshow, jadi daripada pakai yang untuk blog lebih baik buat yang baru. 73. Cara settingan untuk channel amerika (US) bagimana ya biar targetnya pas sasaran ke orang amerika? Silahkan ikuti settingan berikut : 1. Creator Studio > Channel > Lanjutan


Creator Studio > Channel > Lanjutan

2. My Channel > Tentang > Negara


My Channel > Tentang > Negara

3. Creator Studio > Channel > Dafault Upload


Creator Studio > Channel > Dafault Upload

74. Cari sumber video dari FB, IG, YT yg boleh di reupload gimana ya biar nanti kalau gajian, gajinya halal. Adakah boot buat youtuber, download, edit, upload otomatis? Ada aplikasi untuk download, edit dan upload otomatis. Buka saja reupload.id, tapi saya sendiri belum pakai meskipun sudah beli toolsnya. Mungkin mastah-mastah reupload yang lebih paham. 75. Yang menghasilkan 100juta/bulan itu target view mana ya? Per hari traffic brpa mas dari 1 channel itu? Target negara US, traffic perharinya saya kurang mengamati. Tapi mungkin gambar ini bisa menjawab.


76. 1 gmail = 1 channel, sedangkan 1 adsense = 3-5 chanel. Apakah 1 gmail = 1 adsense? bukankah 1 gmail bsa bikin 2/3 chanel? 1 gmail dijadikan 1 akun adsense, 2-4 gmail lainnya yang sudah dibuat channel dan sudah tembus 10k views dikaitkan saja ke adsense yang sudah ada. 77. Apa 116 juta itu dari keseluruhan 14 Channel? Hanya dari 1 channel. Channel lain masih tahap build, meski sudah ada yang beberapa channel otw belasan juta perbulan. 78. Trafficnya pure youTube suggest video / kombinasi fb ads? Pure SEO youtube saja. 79. Apabila kita punya akun adsense lebih dari satu apa bisa pakai metode pembayaran yang sama contohnya di channel utama saya pakai ATM BNI. Apakah di adsense lain nya boleh pakai itu lagi? Bulan kemarin sudah ada mastah yang coba pakai 1 rekening untuk 2 adsensenya, keduanya alhamdulillah cair. Tapi tetap saya sarankan untuk 1 rekening digunakan untuk 1 adsense saja, terlalu berisiko terkena suspend adsense. 80. Ada berapa channel slide yg hasilin 100 juta? Saat ini baru 1 channel yang tembus 100 juta perbulan, insya Allah channel lainnya segera menyusul. Sudah beberapa channel yang tembus belasan juta perbulan, yang lainnya lagi masih berjuang tembus 10k views. 81. Channel yang 100 juta itu udah ada berapa videos? Saat ini sudah tembus 1000 video lebih. Perhari tetap konsisten upload 6 video. 82. Tadi upload 6 video. Apa ada alasan lain kah kenapa harus 6 video, sedangkan saya kadang 5-6 video apa nggak maslah gitu?tau harus harga mati 6 videonya? Upload 6 video perhari adalah jumlah maksimal yang saat ini sudah terbukti aman untuk dijadikan rutinitas. upload 7-10 video masih aman jika dilakukan sesekali saja, bukan untuk rutinitas. 6 video perhari sampai saat ini masih belum dianggap spam oleh youtube. 83. Untuk sumber artikel kita cantumkan di deskripsi tidak? Sebaiknya tidak usah, karena youtube tidak suka adanya backlink yang mengarahkan ke suatu website padahal niat kita hanya sekedar mencatumkan sumber. Sampai saat ini tidak ada sumber artikel pada deskripsi masih aman-aman saja. 84. Main quantity bgini emang harus banyak bersabar. Betul banget, harus sangat sabar. Main kuantitas atau kualitas hanyalah pilihan. 85. Tentang lagu di soundcloud ambil yang creative commons aman gak yah? oleh creatornya minta di link an di deskripsi video ke youtube mereka atau web mereka. Saya saran ambil saja dari backsound atau musik yang sudah disediakan oleh youtube. 86. Kalau mau download e-booknya dimana ya? Klik disini ya >> Download ebook 100+ Juta Perbulan dari Youtube. 87. Tag yang bener itu pake # apa gak usah? Tidak perlu, silahkan intip tags dari video-video yang viral menggunakan extension chrome Heartbeat.
88. Saya sudah pakai heartbeat kok gak ada tags yang muncul dibawah video? Ubah dulu youtubenya ke youtube versi lama, heartbeat sepertinya belum update untuk youtube versi baru. 89. Misal kita sudah punya 6 video, apakah boleh diupload bersamaan atau harus dikasih jeda waktu, misal jeda berapa menit? Boleh langsung diupload secara bersamaan, dengan syarat video dischedule dengan jarak 1 jam pervideo. 90. Misal dalam pembuatan judul video youtube apakah sama dengan judul yang ada di artikel yg diambil? Iya sama tidak masalah. 91. Untuk waktu yang baik untuk upload dengan target luar bagusnya jam berapa? Biasanya saya schedule untuk tayang jam 00.00, 01.00, 02.00, 03.00, 04.00, 05.00 WIB, mungkin di sana sedang pagi atau siang. 92. Buat thumbnailnya pakai apa ya? Corel atau ada cara yg lebih cepat. Terus nama filenya apakah disamakan dengan judul video? Saya biasa buat pakai aplikasi lightshot, hanya ditambahkan lingkaran merah dan tanda panah saja. Kadang hanya upload thumbnail tanpa edit sama sekali. Untuk pertanyaan yang belum sempat saya jawab, akan saya jawab secara bertahap ya. Jangan lupa terus simak dan ikuti notes Q&A Youtube Adsense ini, teman-teman boleh meninggalkan komentar dibawah ini untuk mendapatkan notif ketika notes ini saya update kedepannya. Terima kasih, semoga bermanfaat. Ebook : Download ebook 100+ Juta Perbulan dari Youtube. Kemal Wicaksono, Founder Mahasiswa Preneur

Belum ada Komentar untuk "Q&A Youtube Adsense - Kemal Wicaksono"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel