Sejarah Singkat Mastah Muhammad Wahib Belajar Blog di Surabaya

Cak Taqim- Jaman dimana memulai kerjaan online. Yg menjadi penyakit utama anak IM adalah susah fokus atau gampang goyahnya lihat screenshot earning mastah.
Muhammad Wahib

Berawal dari situ, bulan juni 2016 aku memutuskan ke surabaya untuk fokus belajar blog bersama Irwan Syah Surur Syifa Teguh Wi Bowo Firman Syahdkk sekaligus numpang hidup. Gmna tidak, hanya modal nekat dengan biaya berangkat hasil jual komputer. Ya, saat itu yang dipikirkan hanya sampai surabaya gitu aja, soal mau hidupnya gmna ya pikir belakangan.
Dan aku sangat bersyukur punya teman-teman surabaya yg "saat itu baru kenal" dengan baiknya memberikan tempat untuk tidur selama dua bulan sekaligus memfasilitasi.
Awalnya, targetku nggak muluk", hanya $10/hari saja. Dengan modal laptop dipinjami dan domain diberi irwan, build blog dimulai sekitar bulan juni 2016. Karena tidak ada basic menulis, kendala awal adalah susah mencari mood supaya hasilnya baik, benar sekaligus cepat. 
Belum berfikir untuk membeli artikel, selain karena terkendala dana, wejangan dari irwan yg aku pegang adalah untuk memulai sesuatu hal harus didalami dulu, kalau sudah paham alurnya baru didelegasikan ke orang lain, biar gak ketipu dan kerjaannya ngaco.

1 bulan berjalan, 30 artikel terisi. Katanya kalau sudah segitu sudah saatnya untuk backlink. Diajari lah bahasa" asing mulai dari backlink profile, pbn, dummy, sosbok, dll. Tiap hari nyari lahan backlink.
Eh, sesampai di bulan agustus blog belum terlihat progresnya. Dan berfikir, mungkin ada yg salah dengan yg aku jalankan. Kebetulan pas bulan agustus ada promo backlink supernova dari mas calvin tedja, kalau gak salah promo kemerdekaan, yg mana saat itu biayanya sekitar 500rbu. 
Irwan merekomendasikan itu, tapi karena uang menipis, hanya cukup untuk makan, berfikir berfikir dan berfikir, ketemulah jalan yaitu hutang bank. Pikirku " mumpung ada promo dan katanya kualitas bagus bisa dongkrak blog, gmna kalau hutang bank buat beli sekaligus tambahan uang makan ". Dan begitulah, udah merantau nambah susah orang tua dengan agunan sertifikat rumah jadinya.
Setelah itu, datang masa dimana uang habis, blog belum naik". Buat makan sudah susah, gak enak ngrepotin teman" terus. Dan disitu akhirnya nyerah hidup di surabaya, aku memutuskan untuk pulang magelang dengan hasil yg membuat malu keluarga. 
Berangkat jual ini itu, pulang gak bawa apa". Tersisa motor c70 dan itupun mau gak mau aku jual selang beberapa bulan untuk kebutuhan hidup sekaligus coba membeli artikel.
Dan akhirnya di bulan september, blog mulai naik ke 1k, terus naik sampai oktober 5k Dan dibulan novemberlah awal gajian adsense 467rbu. Karena kebetulan akun adsensenya JV maka bisa ikut gajian meskipun nominalnya dibawah ketentuan google. Rasanya seneng, memicu semangat posting posting posting sampai 6 bulan kemudian menjadi 15k.
Saat naik"nya ada problem keluarga yg mau tidak mau blog tersebut aku jual. Yah meskipun berakhir seperti itu, tidak ada yg disesali, kalau aku bekerja bukan untuk keluarga lantas untuk siapa lagi.
Dan dari blog itu dapat banyak pelajaran yg sampai saat ini masih aku pegang. Bahwa untuk mencapai sebuah impian, butuh fokus, totalitas dalam perjuangan dan konsistensi. Rezeki tidak sesuai dengan matematika kita. Seringkali diluar dugaan. Karena memang Allah itu mengabulkan doa hambanya itu bisa jadi sekarang dikasih, besoknya atau diganti dengan yg lebih baik.
Adapun sedikit sisa dari hasil jual blog, aku buat modal dropship marketplace + bantuan dari bos Yoga Ghama Nurcahya yg mana sampai saat ini alhamdulillah masih berjalan dan sudah ada 10 karyawan.

note : screenshot target saat memuali blog 2016







Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Mastah Muhammad Wahib Belajar Blog di Surabaya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel